Budaya Indonesia

1. Tari Kecak

Bali merupakan area wisata yang udah tersohor di luar negeri. Budayanya yang sudah kondang yakni Tari Kecak. Tari Kecak adalah sebuah tarian yang dibawakan sebagai sendratari yang dipertunjukan massal dan terkandung unsur drama di dalamnya.

Tari ini tergolong sendratari karena dari keseluruhan pertunjukan akan menggambarkan seni peran dari cerita pewayangan layaknya tokoh Rama dan Sinta. Selain itu juga mempertontonkan kekebalan fisik para penarinya yang tidak terbakar api. Tari ini termasuk spesifik digunakan untuk ritual keagamaan penduduk Hindu di Bali.

Tari Kecak memakai teriakan ‘cak cak ke cak cak ke’ sebagai musik pengiring. Oleh dikarenakan itulah tari ini disebut Tari Kecak.

2. Tari Pendet

Selain Tari Kecak, Tari Pendet juga sudah mendunia. Tari Pendet adalah sebuah tarian yang dibawakan oleh seorang wanita yang dipertunjukan sebagai aktivitas pemujaan di Pura. Kini Tari Pendet berkembang menjadi tari penyambutan atas turunnya Dewa ke dunia dan penyambutan untuk tamu sebagai ucapan selamat datang.

3. Tari Barong

Satu kembali tarian dari Bali yang tenar di mancanegara yakni Tari Barong. Tari Barong adalah tarian khas Bali yang udah ada sejak peradaban kebudayaan pra hindu. Tarian ini menggambarkan pertarungan pada kebaikan melawan kebathilan. Barong sebagai simbol kebaikan melawan Rangda sebagai simbol kejahatan.

4. Wayang

Wayang merupakan budaya Indonesia yang udah tersohor. Bahkan Wayang udah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia terhadap th. 2003 dan sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Bahkan orang asing studi wayang.

Wayang adalah seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang bersama diiringi musik gamelan serta nada seorang pesinden. Kisah yang diceritakan didalam lakon pewayangan berkenaan Petruk, Semar, Bagong, dan Gareng.

5. Angklung

Angklung adalah alat musik kesenian tradisional berasal dari Jawa Barat. Alat musik itu termasuk telah mendapat pernyataan berasal dari UNESCO sebagai bagian dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Sertifikat diserahkan mantan Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Dermawan Kunaefi kepada Menteri Pendidikan Nasional kala itu, Muhammad Nuh.

6. Keris

Keris digunakan para bagian kerajaan sebagai senjata pusaka yang dituakan. Keris adalah senjata tradisional yang diyakini punya kandungan kemampuan magis. Senjata pusaka ini mendapatkan pernyataan berasal dari UNESCO sebagai ‘Masterpiece of the Oral plus Intangible Heritage of Humanity’ pada 25 November 2005.

Keris telah digunakan di Indonesia sejak abad ke-9 dan terbuat berasal dari logam. Gagang keris terbuat berasal dari tulang belulang, kayu, atau tanduk binatang.

Baca juga: Masuk ke Bunker Peninggalan Belanda di Stasiun Tanjung Priok

7. Tari Saman

Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari Gayo, Aceh. Tari ini dianggap dan masuk di dalam daftar warisan budaya tak benda yang butuh pertolongan mendesak UNESCO pada 22-29 November 2011.

Tarian Saman menampilkan gerak tepuk tangan gerakan-gerakan lainnya tanpa ada pergeseran dan liak-liuk bagian tubuh lain dan kaki. Tari ini biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa perlu didalam rutinitas daerah setempat. Syair dalam Tari Saman memanfaatkan campuran bhs Arab dan bhs Gayo.

8. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo merupakan budaya Indonesia yang berasal berasal dari daerah Jawa Timur. Reog Ponorogo adalah tidak benar satu kesenian tradisional yang berupa tarian.

Dalam pementasan Reog Ponorogo tidak tersedia skenario tarian yang tentu dan paten. Biasanya seniman Reog mementaskan berdasarkan aadegan yang sudah dipelajarinya dengan tambahan gerak mengayun-ayunkan bagian kepala Reog. Pemain Reog kenakan topeng berbentuk kepala singa bersama dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Berat mahkotanya sanggup menggapai lebih kurang 50-60 kilogram.

9. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana adalah paduan dari pementasan tari dan drama tanpa dialog yang diangkat dari kisah pewayangan Ramayana. Sendratari ini dipentaskan terhadap th. 1961 di Candi Prambanan pada th. 1961. Pementasannya berada di panggung terbuka bersama dengan pemandangan Candi Prambanan.

10. Batik

Batik adalah budaya Indonesia yang kondang di mancanegara. Dulunya batik kerap dipakai sebagai pakaian formal. Namun kini batik termasuk dapat dipakai untuk acara informal.

Batik dihasilkan berasal dari langkah yang sangat unik yakni menuliskan lilin panas ke atas kain mengfungsikan canting.

If you have any thoughts concerning where by and how to use kontraktor di blitar, you can speak to us at our own page.

Leave a Reply